Kamis, 03 November 2011

Kumpulan Cerpen Kompas

link : http://cerpenkompas.wordpress.com/

Rasanya Kompas adalah satu-satunya media yang paling sering mengantar sajian sastra ke depan khalayak. Bagaimana tidak, rubrik Seni yang berisi sub rubrik Cerpen, Puisi, dan Esei rutin dihardirkan tiap hari Minggu. Terpenting, sedari dulu media ini mudah diakses.

Dari sekian rubrik tersebut, mungkin rubrik Cerpenlah yang paling banyak menarik minat pembaca. Disamping memang menghibur, penulis-penulisnya pun memang sudah ternama. Yang lebih menyenangkan, sejak 1992, redaktur Kompas rutin membuat buku kumpulan cerpen pilihan tiap tahunnya. Buku kumpulan tersebut menjadi monumen cerpen-cerpen terbaik yang pernah dimuat Kompas dalam satu tahun.

Untuk itu Cerpen Kompas mingguan bisa jadi adalah telaga sastra yang inklusif yang bisa didatangi kapanpun, oleh siapapun.
***
Nah, kadang kita suka terlewat untuk membaca Cerpen Kompas mingguan. Ketika mencari koran hari Minggu, ternyata sudah habis di pasaran. Mau meminjam tetangga, eh, korannya sudah dipakai alas gorengan. Bingung kan?

Beruntungnya, masih ada orang yang berbaik hati mengkliping cerpen-cerpen Kompas mingguan secara digital lewat blognya yang beralamat di cerpenkompas.wordpress.com. Dalam blognya tertulis kalimat tegas: arsip cerita pendek kompas minggu.

Blog bersahaja yang berjudul 
Kumpulan Cerpen Kompas ini dikelola oleh seorang anonim yang baik hati. Beliau yang menyebut dirinya sebagai tukang kliping, saya rasa adalah orang yang sangat berjasa sebagai penunjuk jalan bagi masyarakat yang hendak mengunjungi kolam sastra.

Seseorang 
tukang kliping ini menulis di laman perihal blognya:

"Saya penikmat cerpen-cerpen pada harian Kompas minggu, lalu mengklipingnya di sini; siapa tahu saya mau membacanya lagi, entah sebagai pelepas penat, pengisi pundi jiwa, mungkin juga referensi atau cuma iseng. Mencarinya di tumpukan koran bekas tentu lebih melelahkan daripada menelusuri arsip digital yang sudah disimpan dengan rapi."
ah, sungguh tulus dan rendah hati.


Sungguh saya tidak bisa lebih banyak lagi berterimakasih atas dedikasi tukang kliping ini. Untuk itu, saya tulis resensi tautan ini sebagai tanda terimakasih bagi beliau, si tukang kliping.


sumber : http;//arfun.multiply.com

2 komentar:

  1. wah makasih infonya yach...lumayan klo lagi suntuk bisa baca2 cerpen dsitu....terimakasih atas kunjungannya yachh

    BalasHapus
  2. sama2 nia, makasih juga yaaa atas kunjungannya, dan salam kenal semoga kita bisa saling bertukar info :)

    iya Nia, kualitas cerpennya bagus2, aku kalo baca pas jam kerja saking hanyutnya sampai lupa kerja hehehe,

    BalasHapus