Rabu, 16 Januari 2013

Menghitung Hujan Part 2

Jantungku ini berdetak untukmu. Kau dengar itu kekasih?
Setiap degupnya meneriakkan namamu.
Setiap detaknya memanggil-manggil dirimu.
Aku merindukanmu.
Dimanakah kau, kekasih?
Aku rindu menikmati helaan napas dan irama jantung yang berpadu.
Kau dan aku. Satu.
"Namanya Rangga." Nana tersenyum mengenang. "Dan aku akan selalu mencintainya."
Mereka duduk di sudut warung kopi yang biasa, hujan di luar tidak deras, hanya rintik-rintik yang menyenangkan untuk dipandang. Nana merenung sambil memandangi tetes demi tetes hujan yang membentuk gumpalan serupa air mata di kaca, menghitungnya dengan seksama. Hari itu Nana bercerita tentang masa lalunya, tentang Rangga, kekasih sejatinya yang direnggut sehari sebelum pernikahannya.
Reno mengamati Nana, "Aku ikut sedih atas kehilanganmu Nana."
"Tidak apa-apa. Rangga akan selalu hidup di sini." Disentuhnya rongga dadanya, tempat jantungnya berada. Rangga memang sudah meninggal, jantungnya sudah tak berdetak lagi untuk Nana seperti janjinya. Tetapi jantung Nana masih berdetak untuk Rangga, semoga selamanya.
***

"Lihat itu siapa yang menunggumu." Nirina tersenyum sambil menunjuk ke depan pintu gerbang kampus. Beberapa orang tampak berkumpul, dan beberapa mahasiswi tampak berbisik-bisik dengan penuh semangat, menatap ke arah gerbang, dimana ada sosok yang menarik perhatian mereka.

Itu Reno. Sang pangeran hedonis itu berdiri di sana, seolah-olah tidak sadar kalau dia menimbulkan kehebohan karena penampilannya yang mencolok. Lelaki itu memakai cardigan cokelat tua dan celana jeans yang tampak pas membungkus tubuhnya, berdiri sambil bersandar di mobilnya yang berwarna orange cerah. Penampilannya luar biasa tampan, apalagi untuk standar di kampus Nana yang dipenuhi para kutu buku dan mahasiswa-mahasiswa lugu. Reno tampak begitu modern dan berkelas.
"Kenapa dia ada di sini?" Nana bergumam, lebih kepada dirinya sendiri.
"Bukannya kau memberitahukan kampusmu kepadanya?" Nirina tersenyum.
"Ya dia bertanya, jadi aku beritahu." Nana mengernyit, "Tetapi aku tidak pernah menduga kalau dia akan menyusul ke kampus."
"Mungkin Reno memutuskan bahwa dia ingin lebih mengenalmu, bukan hanya dari pertemuan-pertemuan singkat di warung kopi.... yang... sudah berapa kali Nana? Aku pikir sudah hampir tiga bulan kalian rutin bertemu di warung kopi."
Tepatnya Tiga bulan tiga belas hari. Gumam Nana dalam hati. Dan dua kali seminggu, mereka bertemu di suatu sore yang singkat, kebanyakan sambil diiringi hujan, membahas segala hal, membuat mereka semakin dekat.
Ya Nana dan Reno semakin dekat seiring dengan semakin seringnya pertemuan mereka, tetapi Nana tidak berani melangkah lebih jauh. Di dalam hatinya selalu ada Rangga. Kekasihnya itu sudah mengambil sebuah tempat permanen di hatinya, tak akan tergantikan oleh lelaki manapun. Dan meskipun Nana merasa nyaman dan hangat bersama Reno, dia menahan hatinya, tak mau melangkah lebih.
"Kau tidak mau mengenalkan aku kepada Reno? dilihat dari penampilannya, dia memang sesuai dengan apa yang kau deskripsikan Nana, seorang pangeran Hedonis."
"Tapi pangeran Hedonis yang ini sangat suka membaca komik Naruto dan Novel-novel petualangan fantasi, ayo, kukenalkan kau dengannya, kau pasti menyukainya." Nana meraih tangan Nirina, mendekati Reno.
Lelaki itu langsung menegakkan tubuhnya ketika melihat Nana.
"Hai." gumamnya sambil tersenyum manis.
"Hai juga." entah kenapa Nana kehilangan kata-kata. Astaga, kenapa dia ini? Dia baru tersadar ketika Nirina menyenggol pinggangnya dengan siku. "Eh.. kenapa kau ada di sini?"
Reno mengangkat bahu, "Kuliahku selesai lebih awal, dan kita janji bertemu di Purnama sore ini, aku pikir tidak ada salahnya aku menjemputmu dulu, toh kampusmu sejalan denganku."
"Oh..", Nana termangu lalu menoleh ke arah Nirina, "Ini.. ini temanku Nirina."
Reno menatap Nirina lalu tersenyum manis dan mengulurkan tangannya, "Hai Nirina, Nana sering cerita tentangmu."
"Benarkah." Nirina membalas uluran tangan Reno dan tersenyum, "Kuharap dia bercerita yang baik-baik."
Reno tertawa, "Sebagian besar."
Nirina sengaja melirik jam tangannya, "Oh baiklah, aku harus segera pulang, kalau tidak mama akan mencariku, sampai jumpa besok Nana. Bye Reno."
"Kau tidak ikut dengan kami?" Reno menawarkan, membuat Nirina menggelengkan kepalanya.
"Tidak, terima kasih Reno, aku bawa motor, diparkir di belakang."
Dan Nirina-pun melangkah pergi, meninggalkan Nana berdiri sendirian, berhadap-hadapan dengan Reno.
"Semoga kau tidak marah aku lancang menjemputmu di kampus ini."
Nana memutar bola matanya, mendapati beberapa pasang mata penuh ingin tahu menatapnya dan Reno.
"Tidak, tapi sungguh, kau sangat menarik perhatian di sini." Nana tersenyum, "Bisakah kita pergi dari sini?"
***
"Aku merasa sangat nyaman bersamamu." Reno menatap Nana lembut, lalu menghela napas, "Bersamamu selalu menyenangkan."
Nana menghela napas panjang. Bersamamu selalu menyenangkan... itu kalimat yang sama, yang diucapkannya kepada Rangga.
"Terimakasih Reno. Kuharap kita bisa berteman seperti ini seterusnya. Aku juga senang menghabiskan waktu bersamamu."
Wajah Reno sedikit memucat, dia lalu tersenyum miris,
"Hanya sebagai teman. Itukah yang kau inginkan?"
"Ya." Nana tersenyum, mencoba terdengar mantap. "Kau tahu aku tidak bisa lebih dari itu."
"Karena Rangga?"
"Kumohon Reno."
"Tetapi benar kan? Karena Rangga? Aku melihatmu waktu itu, ketika kau bercerita tentang tragedi sebelum pernikahanmu. Matamu yang kosong, seolah sudah kehabisan air mata... dan aku sadar, dia belum mati bagimu."
"Dia memang belum mati bagiku. Rangga akan selalu ada di sini." Nana menunjuk dadanya, menahan tangis.
"Dan kemudian bagaimana kau akan melanjutkan hidupmu? Seperti ini terus menerus? mencoba menjaga kenangan tentang Rangga di hatimu itu, sementara dunia terus berjalan, meninggalkanmu menangisi kekasihmu yang telah meninggal?"
"Hentikan."
"Tidak. Kau harus sadar Nana, Ranggamu sudah meninggal. Ya, kau memang mencintainya. Lalu kenapa? Hidup Rangga sudah berhenti, tetapi hidupmu masih berlanjut, mau tak mau kau harus menjalaninya, kalau tidak kau akan berdosa kepada sang pemberi kehidupan."
"Kau tidak berhak mengatur-ngatur kehidupanku. Aku ingin tetap seperti ini. Hidup bersama kenanganku tentang Rangga."
"Aku memang tidak berhak. Siapalah aku ini." Reno tersenyum sedih. "Tetapi ketahuilah, aku mencintaimu Nana.."
"Tidak."
"Ya! Aku mencintaimu!" Suara Reno sedikit meninggi, membuat beberapa pengunjung yang sedang menikmati kopi menoleh ke arah mereka dengan penuh ingin tahu. "Dan hatiku sakit melihatmu seperti ini. Jantungku serasa diremas melihatmu tak pernah bisa bangkit dari kesedihanmu..."
"Cukup. Aku tidak mau mendengar lagi." Nana berdiri menyusut airmatanya, "Aku pikir engkau mengerti. Tetapi ternyata memang tak ada yang mengerti."
"Nana." Reno mencoba memanggil, tetapi Nana sudah tidak mau mendengarnya. Sambil menahan tangis dia berlari pergi.
Dan hujanpun turun, seakan mengiringi tangisnya.
***
"Jadi kau akan terus berlaku kekanak-kanakan dan menghindari Reno?" Nirina berkacak pinggang sambil menatap Nana yang begitu muram, duduk memeluk lututnya di sudut ranjang.
"Dia jahat, menyuruhku melupakan Rangga."
"Dia tidak jahat. Dia hanya ingin kau bangkit di dunia nyata. Melangkah lagi, menikmati hidupmu."
"Dengan melupakan Rangga?"
"Kau tidak harus melupakannya. Kau tetap bisa menyimpan kenangan tentangnya di dalam hatimu. Tetapi kau tidak boleh berkubang dalam kenangan itu. Kau harus melangkah maju, Nana."
"Gaya bicaramu sudah seperti Reno, aku curiga kalian berkomplot."
Nirina tertawa, "Dengarkan sahabatku yang cantik, kami berdua meyayangimu. Dan karena kami menyayangimu maka kami berpikiran sama. Mungkin juga Rangga di sana juga akan berpikiran sama dengan kami."
Nana tercenung, meresapi kata-kata Nirina dalam diam.
***
Waktu itu mereka sedang memilih cincin, dan mengukirkan nama masing-masing di cincin itu. Nana sangat bahagia, dan menatap Rangga dalam senyuman,
"Kalau kita sudah menikah nanti, dan kau menyematkan cincin itu di jemariku, aku akan mengenakan cincin ini selamanya."
Rangga, sepertia biasa menatap Nana dengan kelembutannya, "Aku juga Nana. Cincin itu tanda bahwa aku mengikatkan hati kepadamu."
"Kita akan selalu seperti ini kan Rangga?"
"Kenapa kau bertanya seperti itu?"
"Karena kebahagiaan ini terasa terlalu sempurna. Aku kadang-kadang takut semua direnggut dariku...."
Rangga tertawa, merangkul Nana ke dalam pelukannya, "Jalan Tuhan tidak ada yang tahu. Yang penting kita mensyukuri saat ini, saat ketika aku dan kamu dipersatukan. Bukankah itu cukup?"
"Ya itu cukup." Senyum Nana melebar, lalu ekspresinya berubah serius, "Tetapi kalau nanti aku meninggal duluan, kau boleh melepas cincin itu dan menikah lagi."
Rangga terbahak, "Jangan berpikir yang bukan-bukan." dia lalu mengedipkan matanya menggoda, "Kalau aku yang meninggal duluan? Akankah kau menikah lagi?"
Nana langsung menggelengkan kepalanya kuat-kuat mendengar pertanyaan Rangga itu,
"Tidak! Aku akan menjanda selamanya."
Dengan lembut Rangga menghela Nana ke dalam pelukannya, lalu mengecup lembut dahinya.
"Jangan biarkan sebuah kenangan menghalangi langkahmu untuk maju sayang. Aku akan sangat sedih jika ternyata aku meninggal duluan dan kau menutup hatimu. Ketika hidupku berhenti dan hidupmu masih berlanjut, kau berhak untuk menemukan bahagiamu yang ada di depan sana. Berjanjilah padaku."
"Tidak mau." Nana cemberut, "Lagipula kau tidak akan meninggal duluan, tidak ada yang akan meninggal. Bisakah kita membicarakan hal-hal yang menggembirakan saja?"
Rangga tergelak, menggandeng tangan Nana dengan riang meninggalkan toko cincin itu.
***
Ketika terbangun, wajah Nana penuh air mata. Mimpi itu... kenapa mimpi tentang kenangan percakapan itu muncul sekarang?
Apakah Rangga ingin menyampaikan suatu pesan kepadanya? Tentang Reno?
Nana memejamkan matanya lagi, bingung setengah mati.
***
Reno ada di sana di kursinya yang biasa. Kali ini lelaki itu tidak membaca buku. Hanya secangkir kopi yang tampaknya tidak tersentuh di mejanya, dan lelaki itu sedang merenung, menatap hujan deras yang menghantam-hantam jendela kaca. Tampak sedih.
Seharusnya dia mengungkapkan semuanya kepada Nana dari awal. Semuanya.
Kenyataan ini, yang selama ini disembunyikannya dari Nana. Bahwa jantungnya, berdegup untuk Nana, mencintai Nana. Sepenuh hati.
mata Reno lalu terpejam, mengenang masa lalu, setahun yang lalu ......
***
"Mamamu bilang mereka sudah mendapatkan donor jantung untukmu." Diandra memeluk Reno dengan bahagia, "Ahkirnya Reno, penantian kita berujung."
Reno tersenyum menatap tunangannya. Diandra-nya yang cantik. Gadis itu adalah teman masa kecilnya yang kemudian menjadi tunangannya. Diandra selalu setia menunggunya, meskipun masa depan mereka tak pasti, meskipun Reno bolak balik harus masuk rumah sakit karena kondisinya. Reno bahkan didiagnosa tidak akan bisa hidup lama kalau dia tidak segera mendapatkan donor jantung.
"Syukurlah Diandra....  aku.. aku senang, setidaknya kalau operasi ini berhasil, aku bisa menjadi lelaki yang sempurna untukmu."
"Operasi ini pasti berhasil." Diandra menatap Reno dengan mantap, "Dan bicara apa kau tentang lelaki sempurna? Entah kau berjantung sehat atau tidak, kau adalah kekasih sempurna untukku."
"Tetapi aku takut. Aku takut ketika operasi berjalan, ternyata jantung itu tak cocok untukku."
"Jantung itu cocok untukmu, mereka sudah mengetest-nya."
"Bagaimana kalau terjadi komplikasi dan pada akhirnya aku tetap akan mati di meja operasi?"
"Reno." Diandra menyela, mengingatkan. "Hidup dan mati itu Tuhan yang menentukan, yang penting kau semangat, dan berjuang. Tuhan pasti melihat betapa inginnya kau hidup. Betapa inginnya aku agar kau hidup." Dengan lembut Diandra mengecup dahi Reno, "Operasi itu pasti akan berhasil, percaya padaku."
Reno tersenyum dan menggenggam jemari Diandra dengan lembut,
"Terimakasih sayang, kau tahu, aku selalu mencintaimu."
"Dan akupun demikian adanya, sayang."
***
Operasi itu berhasil. Jantung baru itu cocok dengan sempurna di rongga dadanya. Reno bisa merasakan detaknya yang kuat, penuh vitalitas, memompa darahnya ke seluruh tubuhnya, membuatnya merasa kuat.
Siang itu Reno terbangun lagi, karena mimpi itu, mimpi yang selalu mengganggunya sejak dia dioperasi, mimpi tentang seorang gadis, dengan cincin dan gaun pengantin, yang sedang menangis. Menangis sejadi-jadinya.
"Sayang." Diandra menggenggam jemarinya, mencoba menenangkan napas Reno yang memburu, "Kau mimpi buruk lagi?"
Reno mencoba memfokuskan matanya, dan menemukan wajah Diandra yang cantik, sedang menatapnya dengan cemas. Dia lalu mengernyit. Diandra masih tetap sama, masih tetap cantik, masih tetap setia, masih tetap mencintainya sepenuh hati. Tetapi kenapa dia tidak bisa merasakan hal yang sama? Jantungnya sudah tidak berdebar penuh cinta ketika melihat Diandra, debaran itu tidak terasa lagi, hampir terasa hambar, hampir seperti Reno... sudah tidak mencintai Diandra lagi. Tetapi bagaimana bisa? Reno seharusnya tidak berubah secepat ini, tidak ada yang berubah darinya, kecuali..... Jantungnya.
Ya. Meskipun tidak bisa dijelaskan secara logika. Jantung baru itu tidak berdebar untuk Diandra. Jantung itu hanya berdebar untuk seorang perempuan. Perempuan yang selalu ada di mimpinya....
"Apakah kau memimpikan perempuan itu lagi?" suara Diandra gemetar dan air mata menetes ketika Reno memalingkan muka tidak bisa menjawab. "Apakah aku... apakah aku akan kehilanganmu, Reno?"
Hening.
Bahkan Reno sendiri tidak mampu berkata. Hanya detak jantungnya yang berdegup di keheningan ruang perawatan itu, seakan-akan memanggil kekasihnya.
***
"Sebenarnya sangat tidak dianjurkan sang penerima donor mengetahui dari mana donornya." Dokter Sam, Dokter spesialis jantung, yang merupakan paman Reno sendiri mengernyitkan keningnya sambil membaca berkas di tangannya, "Tetapi karena pihak keluarga pendonor sendiri tidak meminta supaya dirahasiakan, kurasa kau tidak melanggar peraturan menanyakannya."
"Siapa yang mendonorkan jantungnya untukku Paman?"
"Kenapa kau sangat ingin tahu Reno? Bukankah kau sebaiknya tidak tahu? Jadi kau bisa menjalani hidupmu ke depan dengan baik, menata ulang hidupmu, karena setahuku jantung itu sangat sehat dan cocok untukmu."
Reno memijit ujung atas hidungnya, merasa pening di kepalanya. Pertanyaan itu telah begitu menghantuinya, dan mimpi-mimpi itu selalu hadir setiap malam, sampai-sampai Reno merasa itu nyata.
"Aku butuh tahu, karena alasanku sendiri."
Sang Paman menghela napas,
"Apakah ini ada hubungannya dengan kau membatalkan pertunanganmu dengan Diandra? Kau membuat gadis baik itu begitu sedih."
Reno meringis merasakan penyesalan yang amat dalam,
"Aku sangat menyesal melakukannya, aku juga sedih. Tetapi Diandra berhak mendapatkan lelaki yang mencintainya."
"Dan kau tidak? Selama ini yang paman lihat, kau mencintainya."
"Sekarang tidak lagi." Reno menunjuk ke dadanya. "Entah paman percaya atau tidak, jantung ini mencintai perempuan lain."
Sang paman menatap Reno lama, lalu menghela napas. Jelas sekali sang paman tidak percaya dengan kata-kata Reno. Dia seorang dokter dan secara medis, tidak mungkin jantung donor membawa kenangan tentang pemilik sebelumnya. Bagaimana mungkin?
Tetapi sang Paman tidak mau mengkonfrontasi Reno, lelaki itu belum sepenuhnya pulih dari operasinya. Dan dia berharap informasi ini bisa menghilangkan mimpi-mimpi yang mengganggu Reno setiap malam.
"Jantung itu berasal dari seorang lelaki bernama Rangga."
***
Bersambung ke Part 3

43 komentar:

  1. cerbung baru aya mba santhy...
    keren bangett....
    sepasang kekasih yg saling mencintai hanya bisa dipisahkan oleh maut,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa deaar, sebenernya mau posting SE tapi naskahnya belum siap jd yang ini dulu yg diposting yaah sambil nunggu SE hee
      semoga suka yaaah. walau cerbung yang ini nuansanya mendung melulu hee :D

      Hapus
  2. yei, d posting yg ke 2... Makasih mbak san :). Suasanya ujan trz, sma ama kyk d sini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iyaaaa musim hujan memang sangat mendukung buat menciptakan kisah romantis yah :)

      Hapus
  3. Kasihan diandra ya, mbak? *nyusut ingus* *getok reno* moga diandra dapet kekasih sejatinya. Dan ayo renoo, semangat buat ngeyakinin nana.~ *bawa pom-pom* hihihi...
    Btw semangat buat mba santhy buat lanjutinnya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa kasihan diandra padahal dia baik, nungguin reno dari sakit sampai sembuh dengan setia hiks hiks

      amiiin semoga mau menunggu yah sayaang :D

      Hapus
  4. Huaaa keren mb santi
    Penasaran
    Semangaat ya mbaa
    Jangan sakit lagi,amiin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin sayaaaang :D hehehehe
      semoga mau menunggu part 3 nya yaah hehehe :D

      Hapus
  5. hohoh,jantungnya aq trz brdetak bwt nana.sweet bgt,meleleh :((

    BalasHapus
  6. Asyik crita baru ..:p
    Semangat mba santhy n GWS yachhh...#kiss

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiin makasih sayaang aku akan berusaha sehat kembali :)
      semoga suka cerita barunya yah :)

      Hapus
  7. Mbak Santh,,,,,moga cepat sembuh yagh,,,
    Trima kasih atas tulisan baruny,,
    Loph u so much,,
    Dirimu & mbak Shin adalah 2 author kbanggaan & ksayanganku,,
    Mmmuuuuaaaaccchhh,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. heeee *senyum2 bangga*
      makasih riskaaa heee aku terharu plus ke-geEr-an gumana iniii heee :D

      Hapus
  8. Malam2 online trus buka blognya mbak santhy cantikkk, Eh....... Menghitung Hujan Part 2 dah muncul , thanks ya mbak dah diposting.
    Makin penasaran part selanjutnya.. (menunggu dengan setia)

    Kira2 berapa part nich Mbak??

    Semangat ya mbak nulis N postingnya. Peluk Erat bwat Mbak Santhyku yang selalu cantikkk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. heeee langsung diposting di hari yang sama dear, buat menebus all readers yang ditinggalin lama beberapa hari ini hehehe maapkan yaa
      kira2 partnya hampir sama dengan perjanjian hati yah :)
      amin sayaaang aku akan semangaaat
      *balas peluk naora yang cantik*
      :D

      Hapus
  9. mkasih mba cantiiik ... sdiiiih bnget nih baca nya !!
    mba kpan posting novel di PN lagi nih ???aku kngeeen mba di PN ...
    GANBATTE mba cantiiikk ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. heee iyaa idaa tungguin yaaah mungkin habis tanggal 20an UH sudah siap di posting di PN yah :D
      heeee
      makasih sayaaaang atas dorongan semangatnyaa
      *singsingkan lengan baju* hehehe

      Hapus
  10. Walau suasana ny melow kelabu semoga ending ny g kelabu jg ya mba;) oo iya,get well soon mba cantik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. heeee semoga yah siska :)
      makasih sayaaang aku akan semangat sehat kembali
      *peluk2*

      Hapus
  11. Jully

    akhirnya.....
    mbak shanty aq padamu.......i like it.
    Ud lm bc blog ini,br bs koment...di hp susah mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. heeeee :D makasih sayaaang
      ini komennya udah masuk :D *peluk2*
      semoga suka yah sama kisah ini seiring bertambahnya bab :)

      Hapus
  12. huhu kasian diandranya..:((
    reno jahat.:'((
    jd siapa nih yg mau dibela?bingung..:p

    jadi inget mv lagu timeless nya xiah junsu sma jang ri in. cerita nya tntg donor jantung juga..haaaaaaXDD

    BalasHapus
    Balasan
    1. heeee hayoo mau bela siapaa :D bela nana atau diandra ini? hehehe

      waaa aku malah ide awal cerita ini gara2 inget film horor The Eye yang penerima donor bisa melihat hal2 yang dulu dilihat oleh pemberi donor :D

      Hapus
  13. wow.. Cerbung bru...
    Thanks mba Santhy *peluk sayang*

    Wah jadi jantung Rangga yg ada di Reno..
    Hmmm Reno bak pangeran hedonis *.*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup jadi jantung yang ada di tubuh Reno sekarang, hanya berdetak untuk mencintai Nana
      *kedip-kedipkan mata romantis*

      Hapus
  14. tuh khan beneeerr... nyesel bca krya mba santy yg blom tamat... bikin penasaran... it's killing me...halah...hahaha....

    great story... bca part 2 mpe lupa napas... ttp smangat mnulis mba!,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihihi maapkan akuuu :D
      lagi2 kentang yah sayaang hehehe
      waaah syukurlah sayang suka yaaah, :D
      semoga nanti makin bertambah bab makin suka yah :D

      Hapus
  15. tengkiyuuuu mbk shanttttyyyyyy
    part slanjutnya dtunggu yaa,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. heeee sama2 sayaaang
      semoga sabar menanti part selanjutnya yaah :D
      *peluk*

      Hapus
  16. diandra yg sabar y,nanti kamu juga dapat pengganti reno kok tenang aja*peluk diandra biar gak sedih*
    mbg shan makasih ceritanya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehhe tapi kasihan diandra yah dia kan yang mendampingi reno di masa2 sakit dengan tulus T____T

      hehehe iya sayaang sama2 yaa :)

      Hapus
  17. penasaran part selanjutnyA duNkz!!!

    BalasHapus
  18. ditunggu part selanjutnya, smg mb' santhi sehat selalu....jadi bisa posting gak lama2 ...


    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiin deaaar heeeee
      ditunggu yah sayang part 3 nyaa :D

      Hapus
  19. Duhh.. mba san.. keren bgt cerita ini... karya2 mba selalu membuat ku jatuh cinta.. dan jatuh cinta lg.. sabar n setia nunggu lanjutanya.. anyway mba san take care ya... jgn ampe kecapekan.. always support u.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. heeeee tersipu2 malu baca tulisannya dear :D
      hehehehe semoga mau menunggu part berikutnya yah deaar
      amiiin aku akan berjuang supaya sehat kembali dan nggak gampang sakit sayaang, makasih ya sayaang
      *peluk*

      Hapus
  20. mb san idenya banyak banget yah,hmm salut deh
    *ngubek-ngubek kepala mb santhy

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaaa *melindungi kepala pakai helm* hihihihi
      iyaaa idenya muncul begitu saja ini :D gara2 baca artikel tentang warung kopi paling tua di bandung, berdiri sejak 1920 Warung Kopi purnama hehehe :D

      Hapus
  21. Apa Kabarnya mbak santhi, akhirnya ada cerita baru yg lebih seru dan tentu saja temanya masih tentang hujan.
    Hujan yg bisa bikin kita bahagia, ketawa, kesepian , juga sedih.semoga di hujan yg turun di kota malang hari ini bisa menambah kebugaran mbak santhi dalam menulis cerita selanjutnya.
    di tunggu part selanjutnya ...^^

    peluk cium sayang yang hangat selalu ..... ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kabar baik sayaaang :) *peluk* semoga anik juga selalu sehat yaah
      hehehe setuju tema hujan nggak akan ada habis2nya kalau dikupas, semua sisi bisa digambarkan dengan hujan :)
      waaaa anik di malang yah, hujan jugakah di sana seperti di bandung? heee
      iyaa sayaaang semoga mau menunggu part selanjutnya yaah
      *balas peluk dan cium*
      :D

      Hapus
  22. mba santi cantik bagus banget ceritan'y,,,
    tetap semangat,ak slalu mendukungmu (sorak" ky cherleaders),,,haha

    BalasHapus