Senin, 25 Maret 2013

Memaafkan Diri Sendiri




Sepertinya aku sedang menangis di kereta api yang melaju kencang, ketika Ayahku pergi untuk selamanya. 
Dan sepertinya aku sedang mengetik, atau mungkin nonton film drama komedi romantis ketika sahabatku terbaikku pergi juga untuk selamanya ....dan anaknya mungkin sedang tidur. Istrinya sedang tidur, ....entahlah. 
Setiap orang mungkin ingin menggenggam tangan orang terkasihnya, sebelum dia pergi dan tak kembali. Setiap orang pasti ingin mengantar orang terkasihnya untuk terakhir kali.

Tapi kalau kita tidak seberuntung itu bisa mengantar yang terkasih untuk terakhir kali.......mungkin kita bisa memaafkan diri sendiri. Merangkul diri sendiri, lantas membisiki diri sendiri dalam bisikan menghibur hati  : Bukankah kau masih bisa mendoakannya setiap hari?
Kita tidak bisa melukis masa depan dengan tepat persis sama seperti yang kita harapkan, dan mengoreksi masa lalu pun sama susahnya.

Jadi yang bisa kita lakukan hanyalah terus melangkah dan melanjutkan hidup.
( PS : Ayah, meski saat yang terakhir itu aku tidak ada di sana untuk menggenggam tanganmu, kusebut namamu di setiap sujudku )

8 komentar:

  1. Kita tidak bisa melukis masa depan dengan tepat persis sama seperti yang kita harapkan, dan mengoreksi masa lalu pun sama susahnya.

    Ak suka kata2 ini...ak pun sedang dalam tahap memaafkan diri sendiri...ijin quote mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. siaaap sayaaang :)
      ternyata memaafkan diri sendiri itu sudah yah,semangaaattt semoga makin kuat, bisa memeluk diri sendiri dan memaafkan yaah ^__^ *peluk sayang*

      Hapus
  2. Aku jadi nangis ingat saat saat terakhir ayah pergi selamanya tp dibilang beruntung gak juga sih, nyesek yg ada, beribu andai.. selalu terbayang soalnya blm bisa ngebahagiain itu yg sulit untuk mendamaikan n memaafkan diri..SEANDAINYA SAJA WAKTU ITU AKU.....

    BalasHapus
  3. beneeeer mbak setuju tetap melangkah mesku bayang bayang masa lalu kadang muncul dan bikin nangis.

    BalasHapus
  4. jadi ingat ibu aq yang udah ada disurga

    BalasHapus
  5. T_T sabar ya kak.. Fighting..
    Jdi sedih... Love u kak.. Semangat.. Semangat..

    BalasHapus
  6. Jd ngayal masa depan...
    Dan berdoa semua berakhir dgn mudah dan tanpa penyesalan, bisa gak ya...
    Semoga aja

    BalasHapus
  7. Jadi inget detik-detik terakhir Kakekku TT

    BalasHapus